Manfaat Bersedekah di Hari Jum’at

oleh -78 views
dba2f883 2d87 43d0 8477 18f0ff969996

BERITAKUTIM.COM – Sedekah adalah salah satu ibadah ringan yang sangat besar ganjaran pahala dan syafaatnya kelak. Di sisi lain, hari Jumat merupakan hari istimewa bagi kaum muslim. Tentunya, ada banyak manfaat sedekah di hari Jumat yang bakal kamu peroleh selama melakukannya dengan ikhlas semata karena Allah.

Keutamaan Sedekah

Anjuran dan perintah untuk melakukan sedekah bagi seorang muslim bisa kamu temukan di banyak ayat Alquran maupun hadis. Hal ini tidak lain karena sedekah mempunyai banyak keutamaan, antara lain sebagai berikut.

Mendekatkan Diri Kepada Allah

Beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah bisa dilakukan dengan banyak hal. Selain mengerjakan amalan wajib dan utama, ada banyak cara lain untuk semakin mengikatkan diri kepada Sang Pencipta lewat kebiasaan-kebiasaan baik yang disunnahkan, termasuk bersedekah dengan niat untuk menjalankan apa yang sesungguhnya juga Allah perintahkan.

Baca Juga :  Rutin Bayar Pajak, Apresiasi Menanti

Mendatangkan Lebih Banyak Rezeki

Melakukan sedekah terutama dengan harta tidak akan membuatmu miskin sebagaimana yang telah Allah janjikan–dan Allah adalah sebaik-baiknya pembuat janji. Terlebih lagi jika kamu bersedekah bahkan di saat kamu sendiri dalam kesulitan.

Bersedekah akan membukakan pintu rezeki lain untukmu di samping menambah timbangan amal baik. Rezeki ini pun akan datang dari arah yang tak disangka-sangka dan tak hanya sebatas materi. Kesehatan dan rasa tenang dan tentram juga menjadi rezeki besar yang harus kamu syukuri.

Menghapus Dosa

Sering manusia melakukan kesalahan dan dosa-dosa kecil, tetapi tidak disadarinya. Di samping senantiasa beristighfar dengan tulus, sedekah juga dapat membantu menghapus dosa-dosa tersebut.

Baca Juga :  Transformasi Ekonomi Syariah: Bank Indonesia dan MUI Fokus pada Digitalisasi dan Inovasi

Dari tujuh hari yang ada dalam satu pekan, Jumat menjadi hari spesial bagi kaum muslim. Pasalnya ada banyak peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di Jumat, seperti hari diciptakannya Adam, didaratkannya Adam ke dunia, dan diwafatkannya Adam, terjadinya hari kiamat kelak, dan ada waktu yang apabila seorang hamba meminta dan berdoa untuk sesuatu yang tidak diharamkan maka Allah akan memberikannya.

Bersedekah

Bersedekah juga menjadi sunnah yang jangan sampai terlewat. Pasalnya, manfaat sedekah di hari Jumat sangat besar dan bahkan dapat kamu rasakan di dunia maupun akhirat kelak selama sedekah yang kamu lakukan benar-benar semata mengharap rida Allah.

Baca Juga :  Eksistensi Bank Syariah Indonesia (BSI) di Era Digital : Adaptasi dan Inovasi untuk Generasi Milenial dan Generasi Z

Ada banyak hadis yang menyebut tentang anjuran untuk memperbanyak sedekah di hari Jumat. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan Abdurrazaq berikut.

“Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.”

Manfaat Sedekah di Hari Jumat 

Melihat betapa besarnya keutamaan bersedekah dan hari Jumat, maka kombinasi bersedekah di hari Jumat pun memiliki sederet kebaikan. Berikut adalah beberapa manfaat sedekah di hari Jumat yang utama.

Pahala Berlipat Ganda

Ibadah sunnah, termasuk sedekah, yang dilakukan di hari Jumat semata sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan mengikuti sunnah Rasul akan dilipatgandakan pahalanya. Manfaat sedekah di hari Jumat berikutnya adalah sama halnya dengan kamu melakukan sedekah di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Ibnu Qayyim.

Penulis: Yunani, Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS), jurusan Ekonomi Syariah.