Hadiri Wisuda Akbar Sekolah Qur’an Mahkota, Wabup Kasmidi Akui Bangga dengan Perkembangan Pendidikan

oleh -50 views
430087030 1098477404790201 3424446535987468985 n

SANGATTA- Wakil bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mengaku bangga dengan perkembangan yang dilakukan oleh berbagai lembaga pendidikan, baik yang bersifat formal maupun non formal dalam upaya membantu pemerintah daerah, untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kutim.

“Termasuk yang dilakukan oleh Sekolah Qur’an Mahkota, yang melakukan kegiatan wisuda akbar angkatan pertama. Kepada para santri maupun santriwatinya yang telah dinyatakan lulus menghafalkan Al Qur’an,” ujar Wabup Kasmidi Bulang, dalam sambutanya pada kegiatan Wisuda Akbar Angakatan pertama, SQ Mahkota yang berlangsung di Ruang Pelangi, Hotel Royal Victoria, Sangatta Minggu (03/3/2024) siang.

Baca Juga :  Persiapan Pengamanan Malam Takbiran, Ini Pesan Bupati Kutim

Lebih lanjut, orang nomor dua di Pemkab Kutim ini juga menyebut, rasa syukur dan bangga pasti akan langsung dirasakan kedua orang tua, tatkala buah hati mereka yang selama ini didambakan akan menjadi generasi penerus, yang tidak hanya memiliki ilmu dunia semata. Namun juga memiliki kemampuan ilmu agama, khususnya penghafal Al Qur’an.

“Mereka (anak-anak) juga menjadi bagian dari generasi yang akan menyebarluaskan agama (Syiar) Islam dan pahalanya juga akan berdampak kepada semua, terutama orang tua, jadi saya ucapkan selamat” ucap Wabup Kasmidi di hadapan Kepala Bidang PAUD dan SNF Disdikbud Kutim,Ahmad Junaidi, Ketua Yayasan Mahkota, Achmad Supriyadi, Kepala Sekolah SQ Mahkota, Jumaini serta undangan lainya.

Baca Juga :  42 Pengda BAPOR KORPRI Dikukuhkan - Bupati : Segera Susun Program, Terutama Persiapan Porprov ASN Mendatang

Diakhir sambutan, Wabup Kasmidi Bulang tak lupa mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran SQ Mahkota, termasuk orang tua wali santri yang telah memberikan segenap perhatianya dalam memberikan pendidikan terbaik kepada para generasi penerus dalam melanjutkan pembangunan, khususnya di Kutim.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SQ Mahkota Jumaini mengatakan, lembaga pendidikan yang berdiri sejak bulan Agustus tahun 2020 lalu ini, merupakan sekolah pembelajaran Al Qur’an yang menerapkan pola tahfidz Utrujah dan tahsin (metode yang digunakan peserta didik secara individual dengan menitik beratkan cinta pada Al-Qur’an dan dilaksanakan dengan beberapa tahapan) dengan metode yang ramah anak.

Baca Juga :  Sebanyak 5.010 Siswa SD di Kutim Ikuti Kick Off SHP Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut

“Ini (wisuda) perdana kita, setalah tiga tahun kami berdiri. Dari 63 santri yang ada, tahun ini sebanyak 26 santri kami wisuda, mulai dari hafalan 5 Juz sampai dengan 30 Juz,” ujarnya.

Selain belajar menghafal Al Quran sejak dini, lembaga pendidikan yang beralamat di Jalan Yos Sudaro IV, tepatnya di Gang Banjar ini, juga memberikan pembelajaran lainya. Diantaranya membiasakan nila-nilai kebaikan seperti sholat, berwudhu, menanamkan karakter (adab) islami, mengajarkan doa sehari-hari, mendengarkan murotal, serta menumbuhkan kemandirian.