Fraksi KIR Sampaikan Pemandangan Umum Fraksi Terhadap RAPBN TA 2024 pada Rapat Paripurna ke-11

oleh -377 views
574685f3 1311 43b9 8fc7 39fe41c47e0a

SANGATTA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) Sobrin Bagus, menyatakan bahwa Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) memberikan apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kutim dalam penyusunan nota penjelasan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2024.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna ke-11 Masa Persidangan ke-1 Tahun Anggaran 2023/2024, di ruang Sidang Utama DPRD kutim, Sangatta Utara, pada Kamis (09/11/2023).

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Asmawardi, Soroti Penyaluran BLT Harus Tepat Sasaran

Menurut Sobrin, dengan penambahan signifikan pada APBD dibandingkan tahun sebelumnya, pihaknya meminta penjelasan dari pemerintah mengenai penambahan pendapatan yang awalnya sebesar Rp8,561 triliun dan kini bertambah menjadi Rp9,148 triliun, beserta penggunaannya.

“Kami meminta pemerintah agar dalam pelaksanaan APBD 2024 juga dapat membuat prioritas program dalam hal Stunting, Sarana dan Prasarana (Sapras) pendidikan serta pemenuhan hak-hak guru,” tegas Politisi Partai Kebangkitan Bangsa kutim itu.

Baca Juga :  DPRD Kutai Timur Gelar Rapat Paripurna ke 15

Sobrin menambahkan bahwa pandangan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga dalam proses pembahasan dan bermanfaat bagi peningkatan kinerja pelayanan pemerintahan Kutim dan seluruh warga Kutim.

Baca Juga :  Jimmy, Kurikulum Merdeka Belajar Tenaga Pendidik Bisa Lebih Maksimal Gali Potensi Siswanya

“Penambahan pendapatan ini akibat dari penyesuain, termasuk adanya perpindangan profit sharing, pendambahan dari alokasi khusus fisik tahun 2014, penambahan yang bersumber dari dana bagi hasil sawit, penambahan bantuan keuangan provinsi Kaltim tuhan 2024, serta penambahan bagi hasil dari iuran eksploitasi (royalty),” ungkapnya. (bk)