Diskominfo Staper Kutim Terima Kunker dari USAID SEGAR

oleh -288 views
9

SANGATTA – USAID SEGAR melalui bidang Sustainable Environmental Governance Across Regions (Tata Kelola Lingkungan Hidup Berkelanjutan Antar Wilayah) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kamis (22/2/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk berkoordinasi terkait kerjasama, khususnya dalam mendukung Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) di Kabupaten Kutim.

Tim yang dipimpin oleh Environmental Governance Lead, Josi Khatarina, disambut baik oleh Sekretaris Diskominfo Staper Kutim, Rasyid, yang didampingi oleh Kepala Bidang IKP dan Kehumasan Lisa Komentin serta staf, di Ruang Kerja Sekretaris Diskominfo Staper Kutim.

Baca Juga :  Gelar Rapat, Bupati Kutim Pastikan Stok Pangan dan Bahan Pokok Penting Lainnya Aman

Setelah pertemuan itu, Josi Khatarina menjelaskan bahwa kunjungan mereka adalah untuk bersilaturahmi dan membahas implementasi SP4N LAPOR serta mengkoordinasikan kegiatan USAID SEGAR terkait pengelolaan pengaduan yang dihandle oleh Diskominfo Staper Kutim.

“Pertama untuk memberikan pelatihan setelah SOP SP4N LAPOR tersebut jadi. Dan kemudian untuk menyusun glosarry untuk pengaduan terkait dengan isu-isu di lahan, keanekaragaman hanyati, kehutanan dan perkebunan. Mudah-mudahan bisa memabantu nanti, dalam mengelola pengaduan,” harapnya.

Baca Juga :  Hadiri Musrenbangcam Sangatta Utara, Basti Nilai Program Pembangunan Sudah di Jalur Yang Tepat

Josi juga berharap Diskominfo Kutim dapat berbagi pengalaman terkait implementasi SP4N LAPOR dengan daerah lain yang menjadi mitra USAID SEGAR. Ini termasuk perkembangan yang telah dilakukan Diskominfo Kutim, termasuk dalam penyusunan SOP.

Lebih lanjut Josi menilai, perkambangan pelayanan SP4N LAPOR di Kutim sudah jauh lebih baik. Sebab, dari berbagai daerah pihaknya melihat Kabupaten Kutim adalah salah satu daerah yang serius dalam melakukan kegiatan-kegiatan dalam pengembangan SP4N LAPOR.

“Dimana kami lebih banyak mendukung. Kalaun Pemkab sudah punya kapasitas yang kuat seperti Kutim ini, pasti langkah lebh cepat dibandingkan daerah dengan lain. Harapannya, laporannya makin kuat dan bisa menjadi contoh bagi banyak daerah lain di Indoesia,” sebut Josi.

Baca Juga :  Ramadan 1445 H, DPRD Kutim dan Sekretariat DPRD Gelar Acara Buka Bersama

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Staper Kutim, Rasyid, mengapresiasi dan mendukung kerjasama dengan USAID SEGAR dalam pembangunan di Kutim, termasuk dukungannya dalam pengelolaan SP4N LAPOR.

“Tentu Diskominfo mengapresiasi atas antusias kerjsama USAID SEGAR dalam pengembangan SP4N LAPOR maupun terhadap beberapa kegiatan lainnya,” tambahnya. (bk)