Bupati Ardiansyah Resmi Tutup Gelaran International Arm Wrestling Bupati Cup 2024

oleh -22 views
442495529 1145970546707553 7851601682952893839 n

Sangatta – Prestasi membanggakan menghiasi perhelatan International Arm Wrestling (gulat tangan/panco) Bupati Cup 2024 yang sukses ditutup oleh Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, di Gelanggang Olahraga (GOR) Kudungga, Sangatta Utara, Minggu (26/5/2024) malam.

Kejuaraan ini, yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 257 juta, berhasil dimenangkan oleh atlet asal Thailand, Guy Tanapat. Ia dinyatakan sebagai juara setelah meraih medali emas terbanyak dalam tiga kategori berbeda: Profesional 86 Kilogram, Profesional 95 Kilogram, dan kategori Open.

Hadiah berupa uang tunai, medali emas, dan souvenir mandau diserahkan langsung oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman, didampingi oleh Junaidi selaku Ketua Pengurus Indonesia Strong Puller Federation (ISPF) Kaltim.

Baca Juga :  Yan Ipui Berikan Apresiasi Atas Langkah Pemkab Kutim dalam Menyalurkan Beasiswa

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ardiansyah Sulaiman menyatakan bahwa kejuaraan yang baru pertama kali digelar di Provinsi Kaltim dan kedua secara nasional ini akan menjadi momentum untuk lebih mengenalkan olahraga panco kepada masyarakat, khususnya di Kutim. Ia menekankan bahwa banyak masyarakat yang masih belum mengenal secara baik aturan dan pola permainan olahraga ini.

“Ini menjadi ajang latihan gratis bagi mereka yang ingin menekuni olahraga panco. Dan saya harapkan dengan adanya event ini menjadi motivasi bagi para atlet kita, agar bisa terus berlatih dan mampu berprestasi melalui olahraga panco,” ujarnya.

Baca Juga :  Forum MSH-CSR Kutim Menggelar Acara CSR Gathering

Bupati Ardiansyah, didampingi sang istri Ny Siti Robiah Sulaiman, juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara kejuraan yang mampu menyelenggarakan acara dengan sukses dan meriah. Acara ini berhasil menyedot animo masyarakat untuk menyaksikan secara langsung pertarungan atlet panco baik dari dalam maupun luar negeri selama tiga hari, mulai tanggal 24-26 Mei 2024.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, dan sampaikan kabar tentang Kutai Timur kepada orang-orang di sana. Dan kami tunggu kembali kehadiran anda semua untuk menikmati beragam destinasi pariwisata yang ada di sini,” ucap Ardiansyah.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Berikan Tanggapan Terkait Permasalahan yang Dihadapi TK2D

Sementara itu, Ketua ISPF sekaligus Ketua Panitia, Junaidi, mengatakan bahwa kejuaraan yang diikuti oleh 111 atlet dari dalam dan luar negeri ini mempertandingkan 7 kategori lomba. Kategori-kategori tersebut meliputi Begginer (pemula) 63 kilogram, 78 kilogram, dan kelas open, serta kelas professional 70 kilogram, 86 kilogram, 95 kilogram, dan kelas open.

“Untuk hadiah uang tunai, kelas pemula juara pertama Rp 10 juta, kedua Rp 7 juta, ketiga Rp 5 juta. Sedangkan untuk kelas professional, juara pertama sebesar Rp 20 juta, posisi kedua Rp 12 juta dan ketiga Rp 8 juta,” jelasnya. (bk)