Ajang Penghargaan ISDA dan ICA 2023, PT KPC Raih Lima Platinum dan Dua Gold

oleh -343 views
af912df5 a445 4bac baf6 00558c8fd032

Jakarta – Lembaga Corporate Forum for CSR Development (CFCD) dan Badan Perencanaan Nasional (Bapenas) kembali memberikan penghargaan kepada PT Kaltim Prima Coal (KPC), terkait program Pengembangan Masyarakat dan Pemulihan Lingkungan tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan pada ajang Penganugerahan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2023, di Jakarta, Senin (4/12/2023). Terdapat dua kategori dalam ajang tersebut, yakni Indonesia Sustainable Development Goals Awards (ISDA) dan Indonesia CSR Awards (ICA) tahun 2023.

Untuk kategori ISDA, PT KPC berhasil meraih dua platinum dan dua Gold, sedangkan pada kategori ICA, PT KPC meraih tiga Platinum.

Dua penghargaan Platinum ISDA yang diraih KPC, disumbangkan dari program reklamasi pasca tambang dan pemanfaatan air permukaan. Dua program tersebut adalah Program Kesuksesan Area Reklamasi Dalam Aktivitas Penyerapan Karbon dan Program Substitusi Air Permukaan Dengan Air Baku dari J Void Untuk Mendukung Kebutuhan Operasi Nursery KPC.

Baca Juga :  Raih Peringkat I Panji Keberhasilan Bidang Koperasi dan UKM, Darsafani : Akan Terus Dorong Koperasi UKM Lebih Maju

Sementara dua Gold dari kategori ISDA disumbangkan dari program kesehatan masyarakat dan peningkatan ekonomi keluarga melalui kegiatan agribisnis. Dua penghargaan tersebut adalah Program Pendampingan Kader Pendamping Minum Obat TB dan Program Peran Kelompok Wanita Tani Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga.

Pada kategori ICA, KPC meraih tiga Platinum sekaligus. Yakni, dari Program Pengoperasian Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Dalam Rangka Pengurangan Gas Rumah Kaca, Program Pengelolaan Lokal Kontrator, Berdaya Bersama Rekanan Terkelola untuk Sejahtera Semua dan Program Lembaga Sertifikasi Profesi P1 untuk SMK.

Tujuh penghargaan ini diterima oleh Manager Environment KPC Kiagus Nirwan, Manager Community Empowerment Nanang Supriadi dan Superintendent Contract Support Lina Widiyawati.

Baca Juga :  Ramadhan Berkah, AJKT Berbagi Sembako ke Sejumlah Panti Asuhan Sangatta

General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada CFCD dan Bapenas atas penghargaan yang diberikan kepada KPC. Menurut Wawan, penghargaan tersebut membuktikan bahwa tata kelola lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat dinilai sangat bagus.

“Terima kasih kepada CFCD dan Bapenas yang telah memberikan penghargaan untuk KPC. Ini membuktikan bahwa tata Kelola lingkungan perusahaan sangat bagus dan program pemberdayaan masyarakat juga dirasakan langsung manfaatnya,” kata Wawan.

Wawan lebih lanjut mengatakan, selama ini memang program CSR dan lingkungan KPC selalu inline dengan tujuan millenium goals atau Millenium Development Goals (MDGs). Ada dua program lingkungan KPC yang dinilai telah berkontribusi dalam pencapaian tujuan MDGs 13.2 (b), yakni Inisiatif/kegiatan dan Tindakan Mitigasi Perubahan Iklim.

Baca Juga :  Polres Kutim Siapkan 3 Pos Pelayanan Menjelang Lebaran » Kutim Post » Berita Kutim

Dua program tersebut adalah Program Peran Kesuksesan Area Reklamasi Dalam Aktivitas Penyerapan Karbon dan Program Substitusi Air Permukaan Dengan Air Baku Dari J Void untuk Mendukung Kebutuhan Nursery KPC di Swarga Bara, Sangatta.

Sedangkan untuk Peran Kelompok Wanita Tani Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Desa Sepaso Barat, Kecamatan Bengalon lebih berkontribusi terhadap MDGs 8.3 (a), yakni Peningkatan Peluang Usaha dan Kerja Bagi Masyarakat. Program Pendampingan kader PMO (Pendamping Minum Obat) TB, telah berkontribusi terhadap pencapaian tujuan MDGs 3.3, yakni Pencegahan Penyakit Menular.