Pesta Panen Raya, Wabup Ungkap Rencana Pembangunan Pabrik Pengolahan Padi

oleh -434 views
0dadb3f8 564a 4ee5 9933 1ab7e2d43bcb

Sangatta – Wakil Bupati Kutai Timur (Wabup Kutim), Kasmidi Bulang, mengungkapkan rencana pembangunan pabrik pengolahan padi menjadi beras yang akan diinisiasi oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Kutim pada tahun ini. Proyek yang mencakup seluruh proses produksi, mulai dari penggilingan padi, penjemuran, hingga perontokan padi ini rencananya akan dibangun di Kecamatan Sangatta Selatan.

“Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mewujudkan rencana ini. Kecamatan Sangatta Selatan terutama di KM 1 dipilih karena memiliki potensi lahan sawah yang luas dan kondusif untuk pengembangan industri pertanian,” ujar Kasmidi usai mengikuti kegiatan pesta panen raya di Desa Sangatta Selatan, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga :  Sayyid Anjas Mengadakan Syukuran Bersama Warga RT 22 Desa Sangatta Utara

Wabup Kasmidi yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Perhiptani Kutim, menekankan pentingnya pengembangan teknologi pasca panen dan modernisasi dalam sektor pertanian. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen akan selalu mendukung dan mendengarkan semua keluhan serta masukan yang diberikan oleh para petani guna memajukan sektor pertanian yang ada di Kutai Timur.

59aa8373 a748 4eec 8f10 6690ac0425a4 1
Pesta Panen Raya

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur, Syafaruddin Jafar mengatakan bahwa ada beberapa keluhan yang disampaikan oleh para pertani, di antaranya adalah terkait mobil pemanen padi yang merupakan kendala utama para petani saat memasuki masa panen. Selain itu, para petani juga menginginkan adanya hand tracktor untuk pengolahan tanah dan perbaikan sistem pengairan.

Baca Juga :  Fraksi KIR Sampaikan Beberapa Catatan Penting Terkait KUA dan PPAS APBD 2024

“Meskipun demikian, kami sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas pertanian lokal. Saat ini, hasil panen dari kelompok tani kami telah meningkat empat kali lipat dibandingkan sebelumnya, mencapai 4 ton padi per hektar,” ucap Syafaruddin.

Baca Juga :  Leni Angriani Lakukan Kunker ke UMKM OKUSA

Dirinya berharap agar pemerintah terus mendukung dan berkolaborasi sebagai bentuk upaya untuk mengingkatkan sektor pertanian petani lokal.

“Harapan kami kepada pemerintah agar jangan bosan-bosannya membantu kami selaku petani,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang membeli hasil panen dari tiga kelompok tani yang ada di sana, dengan nominal masing-masing sebesar Rp50 juta per kelompok tani yang nantinya akan dibagikan untuk masyarakat sekitar. (bk)