30 Siswa-Siswi SDN 001 Sangatta Utara Ikuti Kegiatan Penilaian Polisi Cilik

oleh -620 views
94bad0c6 e699 4e45 b27f ff7622809044 1

Sangatta – Sebanyak 30 siswa-siswi SDN 001 Sangatta Utara mengikuti kegiatan Penilaian Polisi Cilik yang digagas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang berkolaborasi dengan Kepolisian Kutim, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Halaman SDN 001 Sangatta Utara ini digelar dalam rangka pembelajaran lalu lintas sejak dini, serta upaya memberikan motivasi kepada Polisi Cilik sebagai Pelopor Keselamatan Belalu Lintas, Korlantas Polri dan Ditlantas Polda. Nantinya, para peserta akan menerima pelajaran tentang cara baris-berbaris yang baik dan benar oleh para pembina yang berasal dari Kepolisian.

Kriteria yang digunakan dalam Penilaian Polisi Cilik ini mengacu pada kriteria tingkat kota, yakni penilaian dinilai dari gerakan, istirahat, pemeriksaan kerapian dan kelengkapan, serta kemampuan menggabungkan gerakan dasar Pasukan Baris Berbaris (PBB) dengan gerakan aba-aba Polisi Lalu Lintas (Polantas).

Baca Juga :  Ketua DPRD Kutim Berikan Tanggapan Terkait Progres Perbaikan Jalan Ranpul oleh PT KPC
e3ae3e20 19a9 432f 9d37 9a5a95dfe2e1
Suasana Kegiatan Penilaian Polisi Cilik

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SDN 001 Sangatta Utara, Tri Agustin Kusumaningrum menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada tim penilian yang sudah datang langsung ke sekolahnya.

“Kami bersyukur dan bangga untuk kedatangan tim penilai dari Polda, kehadiran Bapak Ibu merupakan kehormatan yang luar biasa dan momen penting dalam perjalanan polisi cilik kami,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Kutim Masih Terus Menggodok Raperda HIV/AIDS

Tri mengungkapkan bahwa kegiatan Polisi Cilik ini tidak pernah stabil dan selalu naik turun. Bahkan, kegiatan ini sempat vakum selama dua tahun dikarenakan musim Covid-19.

“Hal ini tidak mudah bagi kami, adakalanya polisi cilik itu naik turun, di mana naik di tahun 2018, kemudian vakum selama 2 tahun ketika Covid,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, dapat kembali kami bentuk bersama-sama orang tua pada tahun 2020-2021, bahkan hingga hari ini,” tambahnya.

Tak lupa, Kepala Sekolah SDN 001 Sangatta Utara itu mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah ikut serta dalam mensukseskan kegiatan ini. Selain itu, ia juga berharap kegiatan ini dapat memberikan contoh yang baik kepada seluruh siswa-siswi yang merupakan harapan masa depan bangsa.

Baca Juga :  SDN 001 Sangatta Utara Laksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2022

“Dari pengamatan, kami berharap ini menjadi sebuah contoh yang baik, harapan kami mereka nantinya dapat menjadi pahlawan-pahlawan masa depan yang ikut membangun Kutai Timur, bahkan Kalimantan Timur dalam menyambut IKN,” pungkas Tri.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kalimantan Timur, AKBP Windia Nugraha, Kasat Lantas Polres Kutim, AKP Isnan Fatah, dan Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Pengembang Kurikulum, Selamet. (bk)