Tingkatkan SDM ASN di Bidang TIK, Diskominfo Staper Kutim Gelar Bimtek Manajemen Pengamanan Bandwith dan Pengamanan Jaringan Intra/Internet

oleh -470 views
banwidh

BALIKPAPAN – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Manajemen Pengamanan Bandwith dan Pengamanan Jaringan Intra/Internet untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), dengan tujuan agar dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN di bidang TIK.

Acara yang diadakan selama empat hari di Ballroom Swiss-BelHotel Balikpapan mulai 25 hingga 28 Oktober 2023 ini, dihadiri kurang lebih 100 peserta, masing-masing dua perwakilan dari tiap Perangkat Daerah (PD), serta mendatangkan Kepala Lab Aplikasi Internet Fakultas Teknik Universitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda, Dedy Cahyadi, sebagai narasumber.

Baca Juga :  PT PAMA Berikan Satu Unit Mesin Penggiling Padi untuk Poktan BOSS

Bimtek tersebut dibuka oleh Kepala Diskominfo Staper Kutim, Ery Mulyadi, mewakili Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman dan didampingi Kepala Bidang Infrastruktur TIK dan Persandian, Sulisman, serta jajaran pejabat struktural dan fungsional di lingkup Diskominfo Staper Kutim, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga :  Dispora Kutim Adakan Sosialisasi DBON, Berikut Kata Bupati Ardiansyah

Sulisman, Kepala Bidang Infrastruktur TIK dan Persandian, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelolaan jaringan TIK, khususnya dalam manajemen bandwidth dan pengamanan jaringan intra/internet PD.

“Hampir seluruh PD telah kami siapkan dalam hal manajemen bandwidth, namun ada beberapa yang belum optimal. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu PD untuk memanfaatkan bandwidth secara maksimal,” ungkap Sulisman.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Mendorong Optimalisasi Anggaran Daerah

Menurutnya, beberapa PD telah diberikan bandwidth namun belum dimanfaatkan sepenuhnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah memastikan bahwa bandwidth yang disediakan dapat digunakan dengan efisien oleh semua bidang. Diharapkan bahwa aplikasi teknis yang lebih spesifik juga dapat diimplementasikan melalui bandwidth yang disediakan oleh Diskominfo Kutim.

Diharapkan kegiatan Bimtek ini dapat membantu para PD di Kutai Timur untuk mengoptimalkan pengelolaan jaringan TIK demi efisiensi dan keberlanjutan program yang dijalankan. (bk)