Pemkab Kutim Akan Optimalkan Sumber Daya yang Tersedia Secara Efektif dan Efisien

oleh -400 views
df55bee7 63f8 4656 b911 9fbed79728ef scaled

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) akan berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, saat membacakan tanggapan pemerintah terhadap Pandangan Umum Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) mengenai Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja (ABPD) Kutim Tahun Anggaran (TA) 2023.

Baca Juga :  Bupati Ardiansyah Membuka Acara Radalok Triwulan II 2023

“Pemerintah Kabupaten Kutai Timur akan konsisten dengan RPJMD dan memprioritaskan penyerapan anggaran yang lebih maksimal, cepat, tepat, dan terpadu bagi pemanfaatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Ardiansyah pada Rapat Paripurna ke-28 yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kutim, Senin (24/6/2024).

Baca Juga :  Hasbullah Yusuf Sampaikan Pandangan Akhir Terkait Raperda Perlindungan Perempuan

Bupati Ardiansyah menyampaikan, pihaknya akan melakukan beberapa langkah untuk memaksimalkan penyerapan anggaran, seperti melalui perencanaan strategis, sinergitas pelaksanaan program kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan melakukan pengawasan serta pengendalian.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kutim itu mengatakan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah dilakukan untuk mengawal proses pelaksanaan program kegiatan. Selain itu, langkah tersebut juga sebagai bentuk antisipasi yang dilakukan pemerintah terhadap hal-hal yang dapat menghambat kelancaran dalam pelaksanaan program kegiatan.

Baca Juga :  Soroti Galian C, Ketua DPRD Kutim Desak Pengusaha Segera Urus Izin

Terakhir, Bupati Ardiansyah mengucapkan terima kasih atas apresiasi, masukan dan saran yang telah diberikan oleh Fraksi KIR melalui pandangan umumnya.

“Pemerintah mengucapkan terima kasih atas pandangan umum yang telah disampaikan oleh Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya,” pungkasnya. (bk)