Pemerintah Lepas 201 Calon Jemaah Haji Asal Kutim di Masjid Agung Al-Faruk

oleh -30 views
510cef06 4be2 47f3 b439 09fcb3672495

Sangatta – Bupati Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang melepas keberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Acara ini berlangsung di Masjid Agung Al-Faruk Sangatta, Sabtu (08/6/2024) malam.

Pelepasan 201 calon jemaah haji dari kloter 19 tersebut ditandai dengan pengalungan slayer kepada para calon jemaah haji, dengan usia paling muda adalah 18 tahun dan yang tertua berusia 81 tahun.

Mengawali sambutannya, Bupati Ardiansyah mendoakan agar semua calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci bisa menjadi haji yang mabrur. Selain itu, Bupati juga mengaku bersyukur karena Kabupaten Kutai Timur mendapatkan tambahan kuota sebanyak 32 orang pada tahun ini.

Baca Juga :  Novel Minta Pemerintah Lebih Bertanggung Jawab Atas Pemenuhan Air Bersih

Bupati berharap, semua jemaah haji diberikan kesehatan serta senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah SWT, dan juga selalu dihindarkan dari segala bentuk musibah.

“Mudah-mudahan tahun depan kuota bisa bertambah lagi, doakan Kutim dan masyarakatnya menjadi daerah yang dihindarkan dari bencana, musibah, dan masyarakatnya senantiasa diberikahi Allah SWT,” harapnya.

Ardiansyah menyampaikan, ibadah haji adalah ibadah paripurna, artinya ibadah ini diibaratkan sebagai puncak ujian yang menggabungkan semua materi ujian, yang menuntut kesiapan lahir batin, material dan spritual.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kutim Melakukan Kunjungan Langsung untuk Melihat Kondisi Musholla Al-Ikhlas

Lebih jauh, pemerintah bersama masyarakat Kutim senantiasa berdoa agar para jemaah selamat sampai tujuan dan kembali lagi ke Kutim, serta selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

92047fb4 5ae5 4ed4 ab5e 14ad955a6dd2
Jalon Jemaah Haji Asal Kutim

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kutim, Ahmad Barkati menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2024 hingga saat ini tercatat sebanyak 5.803 orang yang terdaftar dengan estimasi keberangkatan selama 35 tahun.

Data tersebut dihimpun berdasarkan Sistem Informasi Haji Terpadu Indonesia (Sikuhat) yang ada di Kementrian Agama Kutai Timur.

Baca Juga :  Ramadhani, Perusahaan Harus Utamakan Tenaga Kerja Lokal

“Kuota jamaah haji 2024 ini sebanyak 173 orang dan diberangkatkan sebanyak 205 orang. Artinya kita¬† ada kuota tambahan sebanyak 32 orang, hal ini dikarenakan ada kuota tambahan secara nasional,” bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jemaah haji Kutim yang diberangkatkan pada kloter 19 berjumlah 201 orang dan kloter 18 sebanyak 4 orang.

“Yang diberangkatkan hari ini sebanyak 201 orang terdiri dari 96 orang Laki-laki dan 105 orang perempuan,” pungkasnya. (bk)