Tuntut Haknya, Poktan Usan Dau Bakal kembali Lakukan Demo kepada PT NAS

oleh -
WhatsApp Image 2021 11 19 at 10.53.26
Pelatihan advokasi kebijakan dan pendampingan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender digelar DPPPA Kutim. BERITA KUTIM.COM

KONGBENG, BERITA ETAM – Sejumlah anggota Kelompok tani (Poktan) Usan Dau, Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, berencana kembali melakukan aksi penuntutan hak dan keadilan (Demo) kepada PT NAS site Mejang.

Kepada media ini, Ketua Poktan Usan Dau Damus membeberkan, bahwa tanggal 01 November 2021 mendatang, pihaknya berencana kembalikan menyampaikan protes terkait penyerobotan lahan garapan anggota Poktan Usan Dau, diduga dilakukan oleh PT NAS site Mejang, Kecamatan Kongbeng.

“Kami selaku pengurus Poktan Usan Dau, akhir-akhir ini sudah tidak dapat lagi membendung amarah para anggota. Sebab, amarah itu bukan tanpa alasan. Sebab lahan mereka sudah ditanami sawit oleh perusahaan, tanpa ada komunikasi seblumnya dengan Poktan. Ini namanya penyerobotan lahan,” tegas Damus.

Baca Juga :  Kadispora Tutup Kejurkab IPSI - Basrie : Terus Bina Atlet-Altet Kutim Agar Kelak Mendulang Emas

Lebih lanjut, Damus juga merupakan Ketua Koperasi Karya Kayan Bersama (KKB) menerangkan, sebelumnya para pengurus Poktan Usan Dau itu telah melakukan koordinasi dengan para terkait. Seperti, Pemerintahan Desa (Pemdes) Miau Baru dan Lembaga Adat Desa Miau Baru serta Tokoh masyarakat lainnya.

Lebih jauh Damus yang juga adalah Sekertaris DPC MUKI (Majelis Ulama Kristen Indonesia) Kabupaten ini menjelaskan, kronologi sengketa lahan tersebut telah terjadi sejak tahun 2015 silam.IMG 20211022 WA0061 1 rotated

Baca Juga :  Joni, Berikan Bantuan Kostum dan Alat Olahraga Ke Ketua Koni Kecamatan Rantau Pulung

Adapun langkah-langkah yang sudah dilakukan Poktan Usan Dau, dalam kurun waktu 6 tahun terkahir adalah melakukan koordinasi dengan ketiga. Diantaranya dengan Pengurus Poktan Sinteang Indah, Tanjung Indah, Seleang Deah dan PT GGA. Semua pertemuan waktu itu difasilitasi pihak PT NAS.

“Hal yang sangat disukuri adalah semua hasil kesepakatan dalam pertemuan itu, bersuasana sejuk dan kekeluargaan. Dimana legalitas yang kita miliki ini, dapat kita pertanggung jawabkan dimata hukum manapun,” nyinyir Damus sambil terseyum berkilah.

Baca Juga :  Satlantas Polres Kutim Pasang Rambu di Daerah Rawan Kecelakaan

Kemudian langkah terbaru yang dilakukan Damus, belum lama ini, dirinya telah menyambangi Manager Wayan Suganda, selaku pimpinan yang baru menjabat diperusahan tersebut. Diakui Damus, respon pihaknya (manajemen) baik, saat menerima kedatangannya, Kamis (21/10/21) di PT NAS.

IMG 20211022 WA0029

Dikatakan Damus, manajemen berkomitmen membantu masyarakat (Poktan Usan Dau) untuk menyelesaikan persengketaan lahan yang ada dilingkungan area perusahaan PT NAS itu.

“Maka dalam kesempatan ini, kami atas nama pengurus mengapresiasi atas etikat baik dari pimpinan yang murah seyum ini,” ujar Damus, sambil mengusap air mata karena terharuh.(etam2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.