TP PKK Kutim Gelar Rapat Terkait Persiapan Gerakan Tanam Cabai Serentak di Indonesia

oleh -328 views
3

SANGATTA – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat akan segera meluncurkan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai Serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 4 Maret 2024 mendatang. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan secara hybrid dari Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, sebagai bagian dari perayaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) yang ke-52.

Dalam rangka kegiatan tersebut, para Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia diinstruksikan untuk turut serta melaksanakannya. TP PKK dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, bahkan Desa diimbau untuk mengikuti Gertam Cabai tersebut.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Pengelola Koperasi, Diskop Kutim Akan Gelar Pelatihan di Kongbeng dan Wahau

Sebagai persiapan mengikuti kegiatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Ny Siti Robiah Ardiansyah, bersama jajaran pengurus mengadakan Rapat Persiapan Gerakan Tanam Cabai Serentak di Indonesia. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari perangkat daerah (OPD) terkait serta Bagian Umum Setkab Kutim, di Sekretariat TP PKK Kabupaten Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, pada Rabu (28/2/2024).

Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Ny Siti Robiah Ardiansyah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Gertam Cabai Pokja III tentang “Aku Hatinya PKK,” yang bertujuan untuk memanfaatkan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga masyarakat.

Baca Juga :  Sinergi TP PKK Provinsi Kaltim dengan Kabupaten Kutim untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

“Karena kegiatan bersambung dengan kegiatan HKG, maka diperlukan persiapan beberapa hal, seperti tempat, tenda, kursi dan sebagainya. Kami minta bantuan dari Bagian Setkab Kutim sebagai bentuk sinergi, antara PKK dengan OPD terkait. Selanjutnya, Diskominfo untuk menyiapkan perangkat untuk Zoom dan untuk live streaming. Berikut, DTPHP menyiapkan lahan dan benih/bibit, pupuk dan dan lain sebagainya,” jelas Ny Siti Robiah Ardiansyah, ditemui usai pimpin rapat tersebut.

Lebih lanjut, Ny Siti Robiah berharap agar TP PKK Desa juga dapat turut serta dalam kegiatan Gerakan Tanam Cabai Serentak. Meskipun sebelumnya pihaknya telah secara rutin memberikan sosialisasi dan mengajak desa-desa untuk melaksanakan kegiatan “Aku Hatiku PKK,” yaitu memanfaatkan pekarangan untuk berbagai macam tanaman.

Baca Juga :  Banyaknya Pengetap BBM, Pemkab Kutim Rakor dengan Instansi Terkait Cari Solusi » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim

Dalam rapat tersebut, RT 50 di Gang Musholla, Kecamatan Sangatta Utara, ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan Gerakan Tanam Cabai Serentak di Kutim pada tanggal 4 Maret 2024. Dan setiap OPD menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dalam mensukseskan kegiatan tanam cabai serentak di seluruh Indonesia. (bk)