Sinergi TP PKK Provinsi Kaltim dengan Kabupaten Kutim untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

oleh -289 views
7

SANGATTA – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan kunjungan ke TP PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan tujuan pembinaan dan memperkuat sinergi dalam 10 program pokok PKK bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Kutim.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Ny. dr. Yulia Zubair Akmal, disambut dengan hangat di Gedung Wanita, Kabupaten Kutim, Kawasan Pusat Pemerintah Kabupaten Kutim, pada Jumat (23/2/2024).

Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Ny. Siti Robiah Ardiansyah, menyambut baik kedatangan PJ TP PKK Provinsi Kaltim Ny. dr. Yulia Zubair Akmal dan para pengurus serta OPD terkait.

“PKK kabupaten dan kecamatan, dalam kegiatan ini tentunya ingin mendapatkan bimbingan dan arahan, dari ibu Ketua TP PKK Provinsi Kaltim beserta Pokja-Pokja, untuk memberikan wawasan dan juga informasi kepada kita terkait dengan PKK,” ucap Siti Robiah.

Baca Juga :  Kejuaraan EBCC Jadi Ajang Seleksi Atlet Panjat Tebing di POPNAS dan FORNAS 

Dengan adanya pembinaan dari TP PKK Provinsi Kaltim, ia berharap PKK Kabupaten Kutim serta Kecamatan dapat meningkatkan kinerjanya sebagai pengurus PKK.

“Yang tugasnya memang memberikan motivasi dan mengajak masyarakat untuk begerak. Saya kira selalu pengatahuan itu selalu berkembang. Kalau kita menutup diri, tentunya tidak akan bisa berkembang. Tetapi kami mohon arahan dan bimbingan, sehingga kitab bisa menjadi PKK yang aktif, baik PKK Kabupaten Kutim, maupun PKK Kecamatan dan desa,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, dr. Yulia Zubair Akmal, menjelaskan bahwa tujuan kunjungan pembinaan dari TP PKK yang bersinergi dengan OPD terkait adalah untuk menjalin silaturahmi dengan pengurus TP PKK Kabupaten dan Kota serta OPD terkait, guna mengevaluasi sejauh mana kerjasama antara TP PKK Kabupaten/Kota dalam mendukung program pemerintah melalui OPD terkait.

Baca Juga :  Gerakan jumat bersih di Gg. Majai desa Sangatta Utara

“Kemudian, kami ingi memberikan motivasi dan semangat bagi semua pengurus di daerah serta melihat langsung pelayanan di wilayah kerjanya masing-masing. Apalagi TP PKK Kabupaten Kutim mendapatkan panji-panji keberhasilan, pada HUT Kaltim pada Januari 2024. Ini luar biasa, mudah-mudahan terus memberikan yang terbaik dalam mendukung program pemerintah,” ucapnya.

Sebagai tindak lanjut hasil Rakernas dan implementasi kebijakan program unggulan TP PKK, akan dilakukan diskusi langsung kepada semua pengurus TP PKK kabupaten/kota terkait pelaksanaan program pokok PKK serta penyelesaian permasalahan yang ada.

“Berikut, melakukan Gerakan aksi Bersama antara TP PKK dan OPD terkait dalam rangka optimalisasi peningkatan capaian masing-masing OPD berupa, Gerakan Go To School menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan Hrtikultura. Kemudian, Rencana aksi bergizi pemberian tablet tambah darah pada remaja putri dari Dinkes dan perencanaan kampung literasi di 6 Kabupaten/Kota,” terang Ny. dr. Yulia Zubair Akmal.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kutim : Dengan Semangat Kemerdekaan Bersama-sama Membangun Kutim

Kepada jajaran Tim Penggerak PKK, ia mengajak untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK, termasuk Kader Dasa Wisma, karena merekalah yang memegang peran penting dalam pelaksanaan program-program pemerintah.

“Kemudian, kepada semua OPD terkait, saya harap agar selalu bersinergi, berkoordinasi dengan TP PKK secara berjenjang. Karena dengan kebersamaan kita, maka sasaran dan tujuan yang akan kita capai dapat berhasil,” pungkasnya. (bk)